LAPORAN PRAKTEK
KERJA INDUSTRI
DI
CV. RIMA KARYA
Diajukan untuk
memenuhi satu syarat dalam menempuh
Projeck Work
(tugas akhir) Uji Kompetensi Program Keahlian Multimedia
Disusun Oleh :
Nama : Rendi Maulana
NIS :
Kelas : XII Multimedia
PEMERINTAH
KABUPATEN TASIKMALAYA
DINAS
PENDIDIKAN
SMK PANCASILA
MANONJAYA
2016
LAPORAN HASIL
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI CV. RIMA
KARYA TASIKMALAYA
NAMA : Rendi Maulana
NIS :1014151052
KELAS : XII -
Multimedia
TELAH DISAHKAN
DAN DI UJI
Pada Hari :
Tanggal :
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kepada ALLAH SWT atas Rahamat dan Hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) yang dilakukan Di CV. RIMA KARYA selama kurang lebih tiga bulan sejak tanggal 15 Juni 2016 sampai 15 September 2016. Kegiatan Prakerin ini dan penyusunan laporan prakerin ini dapat terlaksana dengan baik berkat bantuan dari pihak-pihak terkait. Untuk itu, pada kesempatan saya mengucapkan terima kasih kepada:
1.
Tuhan
Yang Maha Esa
2.
Bapak
Ai Suparman S.Pd, selaku kepala sekolah SMK PANCASILA MANONJAYA
3.
Bapak
Andri Unang Khobir, selaku pimpinan cabang perusahaan yang telah mengijinkan saya
untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri.
4.
Indra
Iskandar S.Pd, selaku pembimbing sekolah, yang telah membimbing selama Praktek
Kerja Industri.
5.
Kedua
Orang Tua selaku penasihat.
Saya menyadari, bahwa laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini
masih jauh dari sempurna. Untuk itu, saya mengharap adanya saran, masukan,
maupun kritik yang membangun guna melengkapi kekurangan laporan ini. Semoga
laporan yang sederhana ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua.
Tasikmalaya, 01 Oktober 2016
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar...........................................................................................................
i
Daftar Isi....................................................................................................................
ii
Daftar Gambar...........................................................................................................
iii
BAB I
PENDAHULUAN.......................................................................................
1
1.1. Latar Belakang Praktek Kerja Industri..........................................................
1
1.2. Tujuan Praktek Kerja Industri........................................................................
1
1.3. Tujuan Penulis Laporan Prakerin....................................................................
2
1.4. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Prakerin......................................................
3
BAB II PROFIL PERUSAHAAN ........................................................................ 4
2.1 Sejarah Singkat Perusahaan CV. Rima Karya .............................................. 4
2.2 Lokasi Perusahaan ......................................................................................... 5
2.3 Struktur Organisasi ....................................................................................... 6
2.4 Uraian Keterangan Singkat CV. Rima Karya................................................ 7
2.5 Keselamatan Kerja......................................................................................... 8
2.6 Denah Perusahaan.......................................................................................... 8
BAB III LAPORAN KEGIATAN PRAKERIN.................................................. 9
3.1 Pelaksanaan Kegiatan Prakerin ..................................................................... 9
3.1.1 Jenis-jenis Kegiatan .............................................................................. 9
3.1.2 Alat dan Bahan yang digunakan........................................................... 9
3.1.3 Langkah-langkah Proses Kegiatan Prakerin ......................................... 10
3.1.4 Hasil yang diharapkan........................................................................... 17
3.1.5 Hambatan-hambatan Kegiatan Prakerin............................................... 18
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN...............................................................
21
4.1. Kesimpulan.................................................................................................... 21
4.2. Saran.............................................................................................................. 21
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
· Surat Pernyataan diterima oleh Industri
· Daftar Hadir Prakerin
· Laporan Kegiatan Harian Prakerin
· Daftar Nilai dari Perusahaan
· Data Bimbingan Laporan
DAFTAR GAMBAR
Gambar
2.1.................................................................................................................
5
Gambar
2.2.................................................................................................................
6
Gambar
2.3.................................................................................................................
8
Gambar
3.1.................................................................................................................
15
Gambar
3.2.................................................................................................................
15
Gambar
3.3.................................................................................................................
16
Gambar
3.4.................................................................................................................
16
Gambar
3.5.................................................................................................................
17
Gambar
3.6.................................................................................................................
17
Gambar
3.7.................................................................................................................
17
Gambar
3.8.................................................................................................................
18
Gambar
3.9.................................................................................................................
18
Gambar
3.10...............................................................................................................
18
Gambar
3.11...............................................................................................................
19
Gambar
3.12...............................................................................................................
19
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang
Era
pasar bebas yang penuh tantangan dan persaingan tajam segera diberlakukan di
kawasan Asia Tenggara pada tahun 2003 dan untuk kawasan Asia Pasifik akan
dimulai pada tahun 2020. Waktu untuk mempersiapkan diri dalam memasuki era
tersebut sudah semakin dekat khususnya untuk mempersiapkan sumber Daya Manusia
( SDM ) yang unggul. Padahal faktor utama yang menentukan mampu tidaknya
bersaing adalah SDM yang memiliki kompetensi, menguasai ilmu pengetahuan dan
teknologi serta mampu menghasilkan produk unggul. Oleh karena itu penyiapan
sumber daya manusia harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan terencana
dengan baik.
Pendidikan
dan pelatihan di sekolah dan luar sekolah sebagai pranata utama dalam membangun
Sumber Daya Manusia harus secara jelas berperan membentuk pesertanya menjadi
aset bangsa yaitu sumber daya manusia yang memiliki keahlian professional,
produktif dan mandiri dalam menghadapi pasar bebas. Karena itulah kurikulum
yang semula menggunakan pendekatan berbasis sekolah (school based) dan mata
pelajaran (subject matter), mulai disesuaikan menjadi kurikulum yang berbasis
kompetensi sesuai dengan tuntutan dunia kerja, serta kecenderungan perkembangan
IPTEK dimasa yang akan datang dengan tetap mengacu kepada ketentuan yang
berlaku.
1.2.
Tujuan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri
Berfikir kepada masalah-masalah
tersebut diatas sekolah yang mengacu kepada pendidikan dan pelatihan harus
mempersiapkan pesertanya untuk mengikuti Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
sesuai program keahliannya agar setiap peserta mengalami proses belajar
mengajar melalui bekerja langsung (Learning By Doing) pada pekerjaan yang
sesungguhnya. Melalui pendekatan pembelajaran ini peserta diharapkan :
·
Mampu
menyesuaikan diri dengan lingkungan dunia kerja yang sesungguhnya.
·
Memiliki
tingkat kompetensi terstandar sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh dunia
kerja.
·
Menjadi
tenaga kerja yang berwawasan mutu, ekonomi, bisnis, kewirausahaan dan produktif.
1.3.
Tujuan
Penulisan Laporan Prakerin
Selain
untuk
memenuhi persyaratan untuk Kenaikan kelas tahun ajaran 2016/2017 juga mempunyai tujuan yang berguna bagi
masyarakat, sekolah dan perusahaan antara lain:
Untuk
Sekolah :
1.
Agar
siswa menjadi tenaga siap pakai dalam mengikuti perkembangan zaman modern ini, terutama dalam bidang perindustrian.
2.
Untuk
mencapai sejauh mana kesiapan sekolah dalam mendidik anak muridnya dan menitik
kekurangan yang ada disekolah untuk menjadi lebih baik lagi.
3.
Agar
siswa dapat mengembangkan kreativitasnya setelah apa yang didapatkan disekolah.
4.
Agar
dapat mematuhi apa saja yang terdapat di Perusahaan dan juga agar dapat berjiwa
wiraswasta.
5.
Siswa
dan siswi mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang didapat
disekolah dan menerapkannya didunia kerja.
6.
Siswa
dan siswi mampu mencari alternatif pemecahan masalah kejuruan secara lebih luas
dan mendalam yang terungkap dari buku laporan yang dibuatnya.
7.
Siswa
dan siswi dapat memahami cara-cara pembuatan suatu laporan praktek kerja
lapangan.
8.
Agar
siswa dan siswi dapat mencurahkan dan menuangkan pikiran serta segenap
kemampuan kedalam tulisan.
9.
Siswa
dan siswi dapat menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang
disempurnakan.
10.
Menambah
perbendaharaan perpustakaan sekolah dan dapat menunjang bagi siswa angkatan berikutnya.
11.
Sebagai
bukti nyata bahwa kami telah melaksanakan praktek kerja industri.
Untuk Perusahaan :
- Dengan adanya pengalaman lapangan kerja pada Perusahaan maka para siswa/siswi diharapkan mampu berpandangan luas dan kreatif terhadap hal-hal yang terjadi pada perusaan tersebut dengan tujuan untuk membangun dan untuk kemajuan Perusahaan agar lebih meningkatkan hasil produksi dengan mengadakan perbaikan-perbaikan untuk masa yang akan datang.
1.1. Waktu dan Tempat
Pelaksanaan Praktek
Kegiatan prakerin dilaksanakan di CV. RIMA KARYA dengan alamat
Jalan Cipedes Paledang No. 5A Tasikmalaya selama 3 bulan, yaitu 15 juni 2016
sampai 15 september 2016.
Berikut adalah lampiran jadwal praktek kerja industri:
Berikut adalah lampiran jadwal praktek kerja industri:
- Senin, Masuk Pukul 08.00 Pulang Pukul 17.00
- Selasa, Masuk Pukul 08.00 Pulang Pukul 17.00
- Rabu, Masuk Pukul 08.00 Pulang Pukul 17.00
- Kamis, Masuk Pukul 08.00 Pulang Pukul 17.00
- Jum'at, Masuk Pukul 08.00 Pulang Pukul 17.00
- Sabtu, Masuk Pukul 08.00 Pulang Pukul 17.00
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
PROFIL PERUSAHAAN
2.1. Sejarah Singkat Perusahaan CV. Rima Karya
CV. Rima Karya
merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang percetakan. Nama Rima
diambil dari singkatan yaitu “andri dan ilma” yang merupakan nama pak andri dan
istrinya. CV. Rima Karya Merupakan perusahaan yang didirikan oleh Bapak Andri Unang
Khobir pada Tahun 2009. Pada awal berdirinya Rima Karya berlokasi di Rumah
sendiri dijalan kampung sirnagalih RT. 04/04 Kelurahan Sirnagalih Kecamatan
Indihiang Kota Tasikmalayadi. Namun, seiring berjalannya waktu rima karya berpindah
lokasi pada bulan maret 2010 di Jalan Cipedes Paledang No. 5A Tasikmalaya.
Awalnya
perusahaan ini memiliki nama focus print pada tahun 2007, yang kemudian pada
tahun 2009 fokus print berubah nama menjadi 4B digital print, dan seiring
berjalannya waktu 4B digital print diganti dengan nama Rima Karya pada tahun
2009 sampai sekarang. Hal ini dilakukan perusahaan karena perkembangan dari
perusahaan itu sendiri yang ingin memiliki wadah yang mandiri. CV. Rima Karya
memiliki karyawan sebanyak 6 orang karyawan yang terdiri dari 3 laki – laki dan
3 perempuan.
CV. Rima Karya
memiliki maksud dan tujuan dalam proses pembentukannya yaitu :
· Menjalankan usaha – usaha dibidang percetakan
· Menjalankan usaha dalam bidang jasa
·
Melayani jasa
berupa Kartu Nama, Kop Surat, Nota, Map, Amplop, Stiker, Kalender, Spanduk,
Baligho, X-Banner, Kwitansi, Buku, Kartu Undangan, Stempel, ID Card, dsb.
2.2 Lokasi Tempat
CV. Rima Karya
Lokasi CV. Rima Karya sangat
strategis, karena berada di dekat Lingkungan Masyarakat sehingga mudah di
jangkau oleh calon klien. Selain itu PT. Lugass Cakrawala Karpora dikelilingi
perusahaan-perusahaan besar sehingga kerjasama dan kepopuleritas Lugass sangat
tinggi dikalangan perusahaan besar dan dipercaya oleh umum. Cv. Rima karya
berada Jl. Cipedes Paledang No. 5A Tasikmalaya.
Gambar 2.1
2.3. Struktur Organisasi dan
Uraian Tugas CV. Rima Karya
2.4. Uraian Keterangan Singkat CV. Rima Karya
CV. Rima Karya Bergerak dibidang
digital printing dan advertising yang dimana contoh produk yang dihasilkan
adalah :
·
Kartu Nama,
·
Kop Surat,
·
Nota,
·
Map,
·
Amplop,
·
Stiker,
·
Kalender,
·
Spanduk,
·
Baligho,
·
X-Banner,
·
Kwitansi,
·
Buku,
·
Kartu Undangan,
·
Stempel,
·
ID Card,
·
dsb.
Kegiatan kerja yang dilakukan setiap harinya adalah
melayani costumer yang datang sesuai dengan pemesanan. Dimulai dari mendesain
sesuai dengan sketsa yang dibuat oleh costumer, kemudian desain grafis
melakukan pembuatan desain. Setelah desain yang dibuat selesai adanya
kesepakatan/approvement desain antara desaign grafis dengan costumer apakah
desain yang dibuat perlu adanya revisi atau tidak. Setelah desain yang
ditentukan telah selesai desain grafis, membuat job order yang dimana terdiri
dari kolom deskription job, ukuran, bahan quantity dan keterangan yang nantinya
akan diberikan kepada kasir untuk dilakukannya perhitungan harga. Adanya
ketentuan dalam tata cara pembayaran
2.3.Keselamatan Kerja Di CV. Rima Karya
Dalam menjaga
keselamatan dalam bekerja, siswa parkerin harus mengikuti pembimbing selama
bekerja untuk menghindari semua hal yang mengakibatkan kecelakaan dalam
bekerja. Siswa prakerin diharapkan bertanya dalam melakukan suatu pekerjaan,
dan siswa diwajibkan untuk ber-sedia mengikuti intruksi dari pembimbing dalam
melakukan suatu pekerjaan. Selain itu dalam me-lakukan suatu pekerjaan
membutuhkan kedisiplinan.
2.4. Gambar Denah Perusahaan CV.
Rima Karya
BAB III
LAPORAN KEGIATAN PRAKERIN
LAPORAN KEGIATAN PRAKERIN
3.1. Pelaksanaan Kegiatan Prakerin
Seluruh siswa
yang mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PRAKERIN) harus melaksanakan segala
kegiatan kantor yang dalam pelaksanaannya dibutuhkan ketelitian, keterampilan
dan instansi dari siswa itu sendiri tanpa harus ada intruksi,agar pelaksanaan
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dapat terselesaikan dengan lancar dan baik.
Selain melaksanakan tugas kegiatan Advertising siswa harus melaksanakan tata
tertib yang ada diinstansi tempat pelaksanaan Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN).
Pelaksanaan Prakerin
yang dilaksanakan seluruh siswa harus betul-betul dapat ditanggung
jawabkan,karena seorang desain grafis selain harus bisa mempertanggung jawabkan
yang telah dilaksanakan, juga harus cekatan dalam memperbaiki jika ada suatu
kesalahan yang harus segera diperbaiki. Agar segala sesuatu yang telah
dilaksanakan dapat diterima oleh seluruh karyawan instansi.
3.1.1.
Jenis – jenis Kegiatan
· Mengoperasikan Mesin Perporasi
· Mengerjakan Nota
· Print Buku Album
· Memasang Hard Cover dan Soft Cover
· Penjilidan
· Membungkus Buku
3.1.2. Alat dan Bahan Yang Digunakan
· Mesin Cetak Kecil
· Mesin Potong Manual
· Mesin Perporasi
· Pembakar Plat
· Kertas berbagai ukuran dan jenis
· Printer Canon G1000 dan Laser Jet iP2770
· Komputer
3.1.3. Langkah – langkah proses kegiatan Prakerin
· Penjilidan
Penjilidan merupakan kegiatan menyusun beberapa
kertas, sehingga menjadi sebuah buku.
Berikut
merupakan langkah – langkah dalam penjilidan buku :
1)
Desain atau ketiklah sesuai yang di inginkan
pada komputer,
2)
Print pada kertas biasa untuk pengecekkan
terlebih dahulu,
3)
Setelah semuanya benar, print out pada kertas
master,
4)
Panaskan kertas master tersebut, pada mesin
pemanas master. Fungsi mesin pemanas master adalah supaya teks atau gambar
menjadi lebih timbul.
5)
Setelah itu, persiapkan terlebih dahulu kertas
yang akan di gunakan. Jika perlu, hitunglah kertas tersebut dengan metode
hitung cepat,
6)
Sebelum kertas master di masukkan ke dalam
mesin cetak, berilah cairan yang khusus, supaya tulisan atau gambar tidak cepat
hilang,
7)
Siapkan warna tinta yang akan digunakan pada
mesin cetak, setelah itu proses mencetak sudah siap dimulai,
8)
Setelah proses mencetak selesai, susunlah
kertas tersebut berdasarkan urutan halaman. Sebelumya, ketreklah terlebih
dahulu tumpukan kertas tersebut, untuk memudahkan dalam penyusunan,
9)
Setelah menjadi buku, di steples buku tersebut,
10)
Sampulah buku tersebut dengan benar dan rapi
supaya terlihat bagus,
11)
Lalu potong atau sisir buku tersebut agar
terlihat lebih rapi dengan mesin pemotong kertas.
· Nota
Nota merupakan suatu bukti pembayaran terhadap
suatu transaksi pada sejumlah layanan atau penjualan yang dilakukan secara
tunai. Secara umum, nota ditulis rangkap dua, bagian atas merupakan kertas
asli, sedangkan bawahnya merupakan kertas karbon yang bisa mendublikat tulisan
orang diatasnya. Untuk pembeli, diberikan salinan yang asli, sedangkan penjual
mendapatkan kopiannya. Pembuatan nota sangat membutuhkan ketelitian yang penuh,
karena antara kertas yang satu dengan yang lainnya tidak boleh bolak – balik.
Apabila hal itu terjadi, maka tulisan tidak akan tembus pada kertas berikutnya.
· Sampul Hard
Cover
Langkah
-langkahnya adalah :
1)
Buatlah terlebih dahulu Cover Skripsi atau KTI
dengan cara print pada kertas A3 dengan warna menurut selera, Sebelum diprint
setting dulu posisi jatuhnya cover pada kertas A3 dengan cara perhitungkan
berapa lebar lipatan yang nantinya akan kita pakai buat lipatan untuk
merekatkan pada alas cover.
2)
Bila cover sudah diprint di kertas A3 lalu
cover dilaminasi, bisa meminta bantuan pada percetakan, Laminasi pada kertas
cover bertujuan untuk membuat mengkilap covernya.
3)
Setelah Cover siap maka proses inti binding
siap dilakukan, Potonglah karton seukuran kertas yang akan di binding, bila A 4
maka ukurlah karton dengan ukuran A4, dan bila F4 maka ukurlah karton dengan
ukuran F4, siapkan 2 potong dan buatlah kembali potongan karton setebal buku
yang akan dibinding gunanya untuk bagian tengah, lalu tempelkan
potongan-potongan karton tadi pada kertas Cover A3 yang sudah siap lalu rapikan
dengan mengelem bagian lipatan tepi.
4)
Siapkan buku yang akan dibinding tambahkan
kertas kosong dibagian depan dan belakang lalu disetepler atau dipaku, rapikan,
bila belum rapi bisa dipotong bagian bagian tepinya, kertas kosong bagian depan
dan belakang gunanya untuk merekatkan pada Cover yang sudah di laminasi tadi.
5)
Skripsi dan KTI dengan Hard Cover sudah siap.
·
Sampul Soft Cover
Langkah
– langkahnya adalah :
1)
siapkan bahan yang akan kita jilid
2)
taruh juga kertas HVS polos di bagian atas dan
bawahnya
3)
siapkan juga kertas buffalo atau kertas asturo
dengan lebar 2cm dan panjang kira - kira 35cm
4)
rapihkan kemudian langsung steples aja.
5)
potong dan rapihkan bagian punggung jilid
dengan mesin potong atau kater.
6)
Pada tahapan ini anda sudah mempunyai buku
jilidan tetapi anda belum mempunyai jilidnya.
Kita ke bagian ijlidnya ya..
Kita ke bagian ijlidnya ya..
7)
potong kertas asturo dengan ukuran 2x lebar
jillidan + 5cm
8)
Copy kertas asturo tersebut dengan judul cover
pilihan anda
9)
laminating bagian atas nya saja dengan
laminating roll. (bukan plastik laminating biasa)
10)
pada tahapan ini anda sudah mempunyai bagian
covernya
11)
sekarang kita akan menggabungkan antara bagian
cover jilid dengan bahan jilidannya.
ikuti langkah - langkah berikut ya.
ikuti langkah - langkah berikut ya.
12)
beri double tape pada bagian buku jilidan di
bagian sisi atas - bawah jilid dan di bagian punggung jilid.
13)
siapkan cover jilidnya dan cabut double tape di
bagian atas dulu kemudian tempelkan covernya
14)
cabut kembali double tape di bagian punggung
dan sisi belakangnya kemudian tempelkan covernya
15)
setelah itu, potong dan rapihkan bagian sisi
yang lainnya dengan mesin potong atau kater
Adapun
langkah-langkah membuat kalender di CorelDraw X4 sebagai berikut :
· Bukalah Aplikasi CorelDraw melalui Start – All Program – CorelDraw Grafics Suite X4 – CorelDraw X4. Kemudian buka project baru dengan pilih file new blank document maka akan muncul gambar berikut ini
Gambar 3.1
· Selanjutnya, pilih menu Tools kemudian submenu macros – run macros. Seperti gambar dibawah ini.
Gambar 3.2
· pada dialog CorelDraw X4 Visual Basic for Application Macros. Pada Macros in VBAProject (Graphic 1) ini diganti dengan CalenderWizard(CalenderWizard.gms). kemudian pilih Run. Seperti gambar berikut ini:
Gambar 3.3
· Kemudian akan muncul kotak dialog seperti berikut ini:
Gambar 3.4
· Selanjutnya pilih dan tentukan tahun, miasalnya tahun 2014, setelah itu centang bulan yang kamu inginkan atau bisa juga semua bulan ( Januari-Desember)
· Setelah itu pilih Holiday untuk menentukan hari libur tambahan, misal 31 Januari selanjutnya klik Add/modify- Close. Seperti gambar berikut ini:
Gambar 3.6
· Selanjutnya kembali ke setting tanggalan.Setelah itu, pilih tombol Expand- untuk memperbesar tampilan pilihcollapse untuk meminimize. Kemudian hilangkan tanda centang pada Create Calender in Current Document supaya bisa mengatur margin atau page size (panjang dan lebar kelender). Apabila dirasakan kamu tidak boleh utak-atik (skip). Ini seperti gambar berikut:
Gambar 3.7
· Selanjutnya pilih Layout untuk memilih layout kalender. Seperti gambar berikut ini:
Gambar 3.8
· Selanjutnya, pilih tab Small : Header. Header ini berfungsi untuk menentukan Header dan Title tanggalan. Title : untuk bulan. Header: untuk hari (senin-sabtu). Maka akan seperti gambar berikut ini :
Gambar 3.9
· Setelah itu, pilih tab Small : Body, ini mengatur posisi tanggalan yang vertikal atau horizontal. Seperti gambar berikut ini :
Gambar 3.10
· Sesudah menyelesaikan semua setting tanggalan yang sudah lengkap. Selanjutnya pilih Generate- Close untuk keluar dari setting kalender. Maka tampilannya seperti ini:
Gambar 3.10
· Setelah itu, tinggal menambahkan background gambar dan ornamen-ornamen supaya kelihatan cantik dan indah serta menarik. Seperti gambar berikut ini :
Gambar 3.11
Simpan gambar kalender tersebut dengan type :
JPG
Hasilnya
seperti berikut ini :
Gambar 3.12
3.1.4. Hasil yang Diharapkan
Dalam melaksanakan Praktek Kerja
Industri (PRAKERIN) selama jangka waktu kurang lebih 3 (tiga) bulan banyak hal
yang kami peroleh baik dalam hal suka maupun duka, dan kami juga dapat
pelajaran dari semua yang telah kami laksanakan sehingga pelaksanakan Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) yang telah kami laksanakan tidak sia-sia, bahkan
sebaliknya kami mendapat ilmu pengetahuan tentang tata cara kegiatan kantor
yang baik.
Selain mendapat ilmu pengetahuan
dari kegiatan PRAKERIN kami dapat mengenal lebih dekat seluruh karyawan
dilingkungan PT. Lugas Cakrawala Korpora yang telah banyak memberikan ilmunya
kepada kami yang dapat dijadikan pengalaman jika sudah memasuki dunia kerja
nanti.
Melalui Kegiatan PRAKERIN kami
dapat mempraktekan apa yang telah dipelajari di sekolah, sehingga karni dapat
mengetahui lebih jauh cara bekerja dan suasana kerja di kantor.
Kegiatan
PRAKERIN merupakan sarat untuk menyalurkan dan mengukur tingkat kemampuan kita
sebagai seorang designer di bidang grafik, sehingga kita dapat mengetahui sejauh
mana kemampuan kita dalam bidang design grafis.
3.1.5. Hambatan-Hambatan Kegiatan Prakerin
Dalam Kegiatan
Prakerin penyusun mendapatkan beberapa hambatan-hambatan yang dialami,
diantaranya :
1.
Mendapatkan komplen dari Costumer karena
barang tidak sesuai yang diinginkan.
2.
Kesalahan atau ketidaktelitian terhadap
barang yang telah dibuat
3.
Data costumer yang tidak lengkap,
menghambat transaksi yang belum terselesaikan.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1.
Kesimpulan
Penulis
Mengambil Beberapa Kesimpulan yang diantaranya :
·
Dalam hal ini
computer sangatlah penting dikarenakan system compute-risasi saat ini sangat
membantu dalam proses produksi.
·
Disini kami
dapat mengetahui macam-macam jenis pekerjaan yang belum diketahui sebelumnya.
·
Kerja Industri
ini dilaksanakan untuk menambah keterampilan siswa dalam setiap praktek dan
menerapkan teori-teori yang didapat secara langsung.
·
Praktek Kerja
Industri ini dilaksanakan untuk menambah suatu gambaran dalam menjalani dunia
kerja.
·
Praktek kerja
lapangan ini dapat memperluas dan menambah wawasan bagi siswa dalam pendidikan
di dunia kerja.
·
Mendapatkan
pengetahuanlebih luas tentang dunia kerja yang sebelum memasuki dunia kerja
yang sesungguhnya.
·
Mendapatkasn
pengalaman baru dalam dunia kerja sehingga penyusun dapat mengantisipasi
kendala yang akan dihadapi dalam dunia kerja yang sesungguhnya
4.2. Saran
4.2.1. Saran Kepada DU/DI
·
Pada kesempatan
kali ini kami ingin memberikan beberapa saran yang mungkin bermanfaat bagi
perusahaan misalkan, seperti hubungan antar crew yang bertugas untuk lebih di
pererat agar hasil produksi yang akan dihasilkan dapat lebih mempunyai nilai
lebih, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.
·
Sebaiknya
perusahaan lebih menjaga kebersihan tempat kerja agar lebih nyaman di tempati.
·
Kepada CV. RIMA
KARYA kami harapkan kesediaannya rekan kami pada masa yang akan datang
khususnya SMK PANCASILA MANONJAYA dan dari sekolah pada umumnya yang
membutuhkan bimbingan praktek
4.2.2. Saran Kepada Sekolah
·
Hendaknya
hubungan antara pihak sekolah dengan pihak industri lebih ditingkatkan secara
dibina kearah yang lebih baik.
·
sekolah agar
dapat memantau kegiatan siswa yang sedang melaksanakan Prakerin secara intensif
sehingga segala kesulitan yang timbul dapat dipecahkan bersama.
·
Mengutamakan
pengetahuan dan keterampilan sebelum melaksanakan prakerin.
·
Untuk para
siswa agar lebih giat lagi untuk belajar. Karena persaingan dunia kerja pada
saat ini semakin ketat.
·
Di harapkan
agar teman-teman yang melaksanakan Praktek Kerja Industri supaya membina kerja
sama yang baik antara karyawan-karyawati.
·
Demikian
kesimpulan dan saran-saran dari penulis, dengan harapan CV. RIMA KARYA dan SMK
PANCASILA MANONJAYA TASIKMALAYA semakin berkembang untuk di masa yang akan
datang.
DAFTAR PUSTAKA
titanium flat irons - Titanium Arts
BalasHapusTitanium flat irons titanium keychain is a type of stainless steel handle used for sale at TITanium used ford edge titanium Art titanium rod in femur complications of is titanium a metal the Arts at ford fusion titanium 2019 the Titeaux Martinsons in Las Vegas, Nevada.